Obat Luka Diabetes Qnc Jelly Gamat

Luka Diabetes

Diabetes adalah sebuah penyakit yang diakibatkan oleh kadar gula darah yang meningkat drastis. Dengan meningkatnya kadar gula darah, maka insulin nantinya tidak bisa bekerja dengan baik sehingga tidak bisa mengontrol kadar gula darah. Bila kadar gula darah normal, maka glukosa yang bersumber dari beberapa asupan makanan akan diubah menjadi energi dan insulin sehingga akan ada cadangan energi dalam tubuh.

Akan tetapi jika kadar gula darah berlebihan, maka bisa sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Biasanya penyakit diabetes tersebut menyerang orang yang berusia di atas 30. Tetapi tidak menutup kemungkinan diabetes dapat menyerang orang yang berusia di bawah 30 tahun.

Kadar gula normal adalah 70-110 mg/liter, bila lebih dari itu maka ada baiknya lakukan pemeriksaan agar di kemudian hari kadar gula tidak alami peningkatan yang semakin tinggi.

Kalau kadar gula darah tersebut di atas normal, maka akan menimbulkan beberapa hal salah satunya seperti luka kaki diabetes. Luka kaki diabetes memang sangat berbahaya jika tidak segera ditangani dan juga dirawat. Hal ini sangat membahayakan karena dapat menginfeksi dan menyebar ke seluruh tubuh, dan jika parah seseorang bisa divonis untuk melakukan tindakan amputasi pada luka yang berpotensi menginfeksi jaringan lainnya.

Untuk mencegah kemungkinan hal buruk terjadi, anda harus mengetahui beberapa gejala yang sering muncul antara lain kaki yang sering kesemutan, kaki sering mati rasa, sensasi terbakar pada kaki, rasa sakit seperti tertusuk, munculnya luka seperti borok yang makin membesar, kesulitan berjalan dan yang lainnya. Jika anda merasakan beberapa hal di tersebut, ada baiknya segera periksakan diri anda ke dokter untuk mendapatkan perawatan secara dini.

Cara merawat luka kaki diabetes

Luka kaki diabetes memang dapat sangat membahayakan dan pantas untuk diwaspadai, mencegah lebih baik daripada mengobati luka yang sudah mendera, tetapi jika telah terlanjur terkontaminasi penyakit luka diabetes, maka penting untuk merawat luka agar tidak menyebar luas ke bagian tubuh yang lain.

Berikut ini merupakan cara merawat luka kaki diabetes:

1. Mengontrol luka, ada dua jenis luka diabetes yang dialami oleh penderita diantaranya luka kering dan luka basah. Dalam hal pengobatan tentu berbeda. Apabila luka diabetes basah, sebaiknya balut dengan perban supaya terhindar dari debu, kotoran dan air, hal ini dilakukan supaya luka cepat kering dan tidak memunculkan infeksi.

Dan jika luka diabetes kering, anda dapat sedikit memberikan angin agar luka mengering dan cepat sembuh. Mengontrol luka kaki diabetes sangatlah perlu, ditakutkan jika tidak terpantau luka akan menimbulkan infesksi baru, jangan lupa juga untuk periksa diri ke dokter mengenai perkembangan luka kaki diabetes anda.

2. Menghentikan pendarahan, bila luka kaki diabetes tersebut basah dan mengalami pendarahan, anda bisa menghentikan pendarahan dengan menggunakan kain kasa steril untuk menekan luka yang mengalami pendarahan secara hati-hati, lakukan hingga pendarahan berhenti dan jika pendarahan terus menerus tidak berhenti sebaiknya hubungi dokter terkait.

3. Gunakan antiseptik, hal ini bisa membantu anda dalam membersihkan luka kaki diabetes, sebab di dalam luka tersebut tersimpan bakteri dan virus yang menginfeksi jaringan yang jika tetap dibiarkan akan menyebar. Dengan menggunakan antiseptik anda akan terbantu agar bakteri dan virus tidak berkembang dan menyebar ke jaringan lainnya.

4. Balut luka, jika luka diabetes basah dan bernanah, maka harus sering untuk dibersihkan, hal ini semata-mata dilakukan untuk menjaga kebersihan dan mencegah terjadinya penyebaran infeksi dari bakteri dan virus. Bersihkan dengan rivanol, gunakan kain kasa steril. Lalu taburkan bubuk norit yang halus kedalam luka, balut kembali dengan kain kasa kemudian perban agar luka tertutup dan terhindar dari debu.

Cara Mencegah luka kaki diabetes supaya tidak menyebar dan memburuk

Dampak dari luka diabetes memang sangat membahayakan bagi penderitanya, jika dalam penanganannya salah maka bisa fatal, bisa-bisa seseorang akan kehilangan anggota tubuhnya alias diamputasi.

Maka dari itu, berikut ini merupakan beberapa cara mencegah luka kaki diabetes yang dapat anda terapkan dikehidupan sehari-hari:
-Ketika hendak tidur, sebaiknya anda rutin untuk mencuci kaki dengan air hangat, bersihkan sela-sela kaki secara menyeluruh pastikan tidak ada kuman yang menempel di kaki.
-Gunakan lotion untuk mencegah kaki supaya tidak pecah-pecah dan tidak kekeringan, untuk daerah sela-sela kaki sebaiknya jangan diberikan lotion karena daerah tersebut sudah lembab.
-Gunakan alas kaki seperti sendal ketika berpergian, dan pakai alas kaki yang longgar supaya sirkulasi udara tetap ada.
-Pada saat berpergian jauh dan memakai sepatu serta kaus kaki, sebaiknya gunakan bedak terlebih dulu supaya nantinya kaki tidak terlalu lembab
-Ketika menggunting kuku sebaiknya jangan terlalu pendek tujuannya untuk menghindari potongan yang mungkin bisa membuat luka
-jaga kebersihan kaus kaki, pakailah yang agak longgar dan tidak terlalu ketat. Cuci kaus kaki setelah pemakaian
-Jangan berlama-lama duduk bersila, hal ini bisa mengganggu kelancaran sirkulasi darah
-Lakukan aktivitas fisik secara rutin di tiap harinya.
-terapkan gaya hidup sehat dengan pola makan yang seimbang dan terkontrol, olahraga rutin, hindari merokok dan asap rokok, jangan konsumsi gula secara berlebihan

Updated: March 20, 2017 — 9:28 pm
Qnc Jelly Gamat © 2017 Frontier Theme